Bukalapak

Kamis, 22 April 2021

Tutorial membuat Class di Flutter

 Apa itu Class?

Class adalah cetak biru atau blueprint dari object. Class digunakan hanya untuk membuat kerangka dasar. Yang akan kita pakai nantinya adalah hasil cetakan dari class, yakni object.

Sebagai analogi, class bisa diibaratkan dengan laptop atau notebook. Kita tahu bahwa laptop memiliki ciri-ciri seperti merk, memiliki keyboard, memiliki processor, dan beberapa ciri khas lain yang menyatakan sebuah benda tersebut adalah laptop. Selain memiliki ciri-ciri, sebuah laptop juga bisa dikenakan tindakan, seperti: menghidupkan laptop atau mematikan laptop.

Class dalam analogi ini adalah gambaran umum tentang sebuah benda. Di dalam pemrograman nantinya, contoh class seperti: koneksi_database dan profile_user.

Objek memiliki anggota yang terdiri dari fungsi dan data (masing-masing metode dan variabel instan)

. Saat Anda memanggil sebuah metode, Anda memanggilnya pada sebuah objek: metode tersebut memiliki akses ke fungsi-fungsi objek tersebut

dan data. Gunakan titik (.) untuk merujuk ke variabel atau metode instance:

Yukk sekarang aplikasikan nya di Flutter...

class Mahasiswa {
int nim;
String nama;
String kelas;
String alamat;
int nohp;
int tahunlahir;
int umur;
Mahasiswa(int n, String m, String k, String a, int h, int t, int u) {
nim = n;
nama = m;
kelas = k;
alamat = a;
nohp = h;
tahunlahir = t;
umur = u;
}
}

Sudah tau dong pastinya Int itu apa?

yang belum tau ku kasih tau ya..jika kita ingin mengisi data kita dengan angka maka kita gunakan Int(Integer), sedangkan untuk huruf saja kita gunakan String.

Oke sekarang kita mengisi data tersebut dengan data yang sebenarnya.


void main() {
Mahasiswa b = Mahasiswa(181420170, 'Muhammad Anugerah Nurrobi', 'IF6MB',
'OPI Elite', 0896, 1997, 24);
b.nim = 181420170;
b.nama = 'Muhammad Anugerah Nurrobi';
b.kelas = 'IF6MB';
b.alamat = 'OPI Elite';
b.nohp = 089696939349;
b.tahunlahir = 1997;
b.umur = 24;

runApp(MaterialApp(
home: Scaffold(
appBar: AppBar(
title: Text('Mahasiswa --> Tugas 5'),
),
body: Center(
child: Text(
"NIM ${b.nim} \n NAMA ${b.nama} \n Kelas ${b.kelas} \n
              Alamat ${b.alamat} \n No Hp ${b.nohp} \n
               Tahun Lahir ${b.tahunlahir} \n Umur ${b.umur}")),
),
));
}


Data tersebut sudah terisi sesuai dengan data yang di inginkan...

coding lengkapnya seperti ini

import 'package:flutter/material.dart';

class Mahasiswa {
int nim;
String nama;
String kelas;
String alamat;
int nohp;
int tahunlahir;
int umur;
Mahasiswa(int n, String m, String k, String a, int h, int t, int u) {
nim = n;
nama = m;
kelas = k;
alamat = a;
nohp = h;
tahunlahir = t;
umur = u;
}
}

void main() {
Mahasiswa b = Mahasiswa(181420170, 'Muhammad Anugerah Nurrobi', 'IF6MB',
'OPI Elite', 0896, 1997, 24);
b.nim = 181420170;
b.nama = 'Muhammad Anugerah Nurrobi';
b.kelas = 'IF6MB';
b.alamat = 'OPI Elite';
b.nohp = 089696939349;
b.tahunlahir = 1997;
b.umur = 24;

runApp(MaterialApp(
home: Scaffold(
appBar: AppBar(
title: Text('Mahasiswa --> Tugas 5'),
),
body: Center(
child: Text(
"NIM ${b.nim} \n NAMA ${b.nama} \n Kelas ${b.kelas} \n
                Alamat ${b.alamat} \n No Hp ${b.nohp} \n
                Tahun Lahir ${b.tahunlahir} \n Umur ${b.umur}")),
),
));
}


Hasilnya




"teknik informatika universitas bina darma palembang" 



Tutorial Membuat List dan Mapping di Flutter

 Assalamualaikum wr wb.

Kali ini saya akan membahas cara membuat list dan mapping di flutter, dengan editor Virtual Studio Code di Ubuntu 20.04 LTS secara sederhana.


dari soal di atas bagaimana kita untuk tau hasil total pembelian nasi ayam + sayurnya, mau tau caranya yuk di coba?

import 'package:flutter/material.dart';

void main() {
List<int> harga_menu = [3000, 12000, 13000, 7000, 15000];
var menu = {
'0': 'Nasi',
'1': 'Ikan',
'2': 'Ayam',
'3': 'Sayur',
'4': 'Rendang'
};

runApp(MaterialApp(
home: Scaffold(
body: Center(
child: Text(
"List ${harga_menu[0]} \n Ayam : ${harga_menu[2]} \n
                 Sayur :${harga_menu[3]} \n
                 Jumlah:${harga_menu[0]+harga_menu[2]+harga_menu[3]}"))),
));
}

Hasil nya 



Gampang banget kan..

teknik informatika universitas bina darma palembang


Kamis, 14 Februari 2019

Pengertian Sistem Komputer

    Komputer merupakan peralatan elektronik yang bermanfaat untuk melaksanakan berbagai pekerjaan yang dilakukan oleh manusia. Meskipun komputer berasal dari kata "komputer", komputasi yang memang dilaksanakannya mungkin tidak terlihat secar eksplisit. Ketika orang menggunakan komputer untuk membuat dokumen, berbagi perhitungan yang dilakukan tidak terlihat. sebagai contoh, ketika pemakai memilih pengaturan "justify" atau rata di batas kiri dan batas kanan dokumen perhitungan untuk menambahakan karakter-karakter spasi sebenarnya terjadi.

    Istilah sistem komputer kerap pula dijumpai. Sistem komputer berarti kombinasi komponen yang dipakai untuk memproses data menggunakan komputer. Komponen-komponen yang dimaksud dapat berupa perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware).


Minggu, 30 September 2018

Bahasa Pemprograman Web

Bahasa pemprograman web terdiri dari beberapa unsur bahasa. Setidaknya terdapat 5 bahasa utama yang biasa digunakan dalam membuat website dinamis masing-masing perannya sendiri, sebagai berikut.
1. HTML : Berperan sebagai pembentuk struktur halaman website yang menempatkan setiap elemen website sesuai layout yang diinginkan.
2. CSS : Berperan sebagi pembentuk desain website dengan mengatur setiap elemen HTML agar tampil menarik pada browser.
3. PHP : Berperan sebagi pemproses data pada sisi server sesuai yang diminta oleh client menjadi informasi yang siap ditampilkan, juga sebagai penghubung aplikasi web dengan database. Selain PHP, dapat juga menggunakan bahsa pemprograman lain seperti ASP, Java, dan sebagainya.
4. SQL : Berperan sebagai bahsa yang mengatur transaksi data antara aplikasi dengan database sebagai tempat penyimpanan data. Database yang biasa digunakan diantaranya MySql, Oracle, SQL Server, dan sebagainya.
5. JavaScript : Berperan sebagai bahasa yang memproses data pada sisi client serta dapat memanipulasi HTML dan CSS secara dinamis.
Dari 5 hal tersebut, telah berkembang menjadi bentuk lain ada yang berupa library seperti jQuery yang merupakan library function JavaScript dan ada yang berupa framework sperti Bootstrap yang memudahakan programan dapat membuat desain website dengan lebih cepat.